HomeBlogAdviceMengulas Kota Cirebon, Satu Kota Empat Keraton

Mengulas Kota Cirebon, Satu Kota Empat Keraton

Sebagai salah satu kota wisata unik di Jawa Barat, Cirebon terkenal tidak hanya karena wisata kulinernya yang diwakili oleh Nasi Lengko dan berbagai menu udang, tapi juga karena destinasi wisata bersejarahnya. 

Cirebon dikenal juga sebagai Kota Keraton karena usut punya usut, kota ini memiliki empat keraton yang hingga kini masih ada dan dipimpin oleh sultan yang disegani masyarakat. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai keraton-keraton di Cirebon dimulai dari Keraton Kasepuhan sebagai keraton pertama, simak sejarah Keraton Cirebon berikut ini selengkapnya!

1.       Asal Mula Cirebon Memiliki Empat Keraton

Keraton bukanlah hal yang asing di Indonesia berkat kultur budaya masyarakatnya di masa lalu, namun bisa dibilang tidak ada kota lain selain Cirebon yang memiliki empat keraton sekaligus di dalam satu kota. Keempat keraton yang ada di Cirebon ini tentu tidak muncul begitu saja, tapi ada sejarah besar pemerintahan di Cirebon yang menyelimutinya.

Sejarah keraton Cirebon bermula dari didirikannya Keraton Kasepuhan oleh Pangeran Cakrabuana, yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran. Meskipun Pangeran Cakrabuana yang dikenal sebagai Raden Walangsungsang tersebut adalah putra sulung sekaligus berhak menjadi penerus untuk menggantikan raja Padjajaran, namun karena ia memeluk agama Islam, maka ia tak bisa menjadi raja di Kerajaan Padjajaran yang masih bercorak kepercayaan Sunda Wiwitan yang kental dengan pengaruh Hindu-nya. Itu sebabnya Cakrabuana memilih untuk menyingkir dari Padjajaran dan mendirikan keraton di Cirebon.

Seiring dengan perkembangan kekuasaan di Cirebon, terjadilah pembagian kekuasaan di antara keluarga Pangeran Cakrabuana sehingga ada empat keraton yang akhirnya didiami oleh para penerusnya.

2.       Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah keraton pertama di Cirebon yang merupakan cikal bakal pemerintahan di kota ini. Arsitektur keraton ini masih dipengaruhi kebudayaan Hindu meski sudah merupakan kesultanan Islam. Bentuk gapura dan bangunan punya beragam ornamen dan keramik dengan motif khas, ada juga pengaruh budaya tiongkok di dalamnya.

Sebelum bernama Keraton Kasepuhan, keraton ini bernama Keraton Pakungwati. Berubah nama menjadi Keraton Kasepuhan karena pada masa kepemimpinan Pangeran Raja Martawijaya, wilayah cirebon dibagi dua dan Pangeran Raja Kartawijaya mendirikan Keraton Kanoman.

3.       Keraton Kanoman

Keraton Kanoman yang didirikan Pangeran Kartawijaya terletak tak terlalu jauh dari Keraton Kasepuhan. Desain arsitektur Keraton Kanoman amat berbeda dari Keraton Kasepuhan. Bangunan-bangunan Keraton Kanoman didominasi warna putih dengan hiasan-hiasan keramik di dindingnya. Terdapat berbagai peninggalan bersejarah di keraton ini seperti kereta kuda, peralatan rumah tangga, dan berbagai jenis senjata para prajurit keraton.

4.       Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan adalah pecahan dari Keraton Kanoman yang memiliki nuansa gabungan arsitektur khas Belanda, Cina, dan Arab. Kekhasan tersebut adalah akibat dari renovasi, rehabilitasi, dan penambahan bagian-bagian dan bangunan-bangunan baru di kompleks keraton sepanjang masa pemerintahan yang cukup lama. Hasilnya, keraton indah yang kini menjadi salah satu destinasi wisata Cirebon.

5.       Keraton Kaprabonan

Keraton Kaprabonan juga masih terkait erat dengan Keraton Kanoman. Keraton ini didirikan oleh pangeran dari Keraton Kanoman yang menolak menjadi penerus raja dan malah memilih untuk membuah pedukuhan untuk memperdalam ilmu agama Islam.

Gabungan daya tarik wisata sejarah lengkap dengan kulinernya tak pernah membuat bosan wisatawan yang berkunjung ke Cirebon.

Keep exploring...

7 Tempat Wisata di Cirebon 2024 Terbaru dan Paling Favorit

Saat lagi penat-penatnya dengan urusan kerja, Cirebonsering jadi tempat pelarian yang paling bisa bikin panasnya hati menguap. Bukan cuma karena suasana yang sejuk dan...

7 Wisata Cirebon Terbaik yang Sedang Hits dan Ramai Dikunjungi

Ingin liburan ke Cirebon tapi bosan dengan tujuan wisata yang itu-itu saja? Jangan kahwatir, ini daftar lengkap tempat wisata di Cirebon terbaru 2024. Cirebon seringkali...

Places to travel

Wisata Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
FREE

Wisata Gedung Bank Indonesia Cirebon

Jl. Yos Sudarso No.5-7, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
FREE

Wisata Situs Petilasan Sunan Kalijaga

Jl. Bhakti Abri, Kalijaga, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 4514
FREE

Related Articles

7 Tempat Wisata di Cirebon 2024 Terbaru dan Paling Favorit

Saat lagi penat-penatnya dengan urusan kerja, Cirebonsering jadi tempat pelarian yang paling bisa bikin...

7 Wisata Cirebon Terbaik yang Sedang Hits dan Ramai Dikunjungi

Ingin liburan ke Cirebon tapi bosan dengan tujuan wisata yang itu-itu saja? Jangan kahwatir,...

7 Wisata Dekat Pusat Kota Cirebon, Banyak Tempat Berburu Foto

Kota Cirebon, Jawa Barat, telah dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang bisa dicapai...

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Populer, Seru untuk Long Weekend

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Cirebon yang seru untuk long weekend. Mayoritas daftar...

5 Tempat Wisata di Cirebon Terbaik, Wajib Kamu Kunjungi!

Cek daftar tempat wisata di Cirebon ini untuk jadi referensimu saat liburan ke Kota...

Logo Hari Jadi Kota Cirebon 2024, Peringatan Ulang Tahun ke 542 Tahun

Hari Jadi Kota Cirebon 2024 ditetapkan setiap tanggal 1 Muharam Tahun Hijriyah. Dengan begitu...

Top 10 Kota Paling Layak Huni di Indonesia, Cirebon Termasuk

Beberapa waktu lalu majalah The Economic mengungkapkan kota paling layak huni di dunia. Kota...

Kota Cirebon Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2023

Kota Cirebon Jawa Barat berhasil meraih penghargaan kategori Madya untuk Kota Layak Anak (KLA)...
//
Ask us anything about Visit Virebon!
Planning your trip to Cirebon?